- See more at: http://kabarmalam.blogspot.com/2012/12/efek-kupu-kupu-terbang-di-blog.html#sthash.ygMOgcic.dpuf

RPP IPA SMP




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan  Pendidikan     : SMP
Mata Pelajaran           : IPA
Kelas                         : IX
Topik                          : Listrik Dinamis, Hukum Ohm Dan Hukum Kirchoff
Materi                        : Arus Listrik Dan Beda Potensial
Alokasi Waktu           : 60 Menit


 



A.  KOMPETENSI INTI
         

11.  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
22.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu    pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 
44.Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.  KOMPETENSI DASAR
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi.
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3  Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan energi secara hemat dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.
2.4  Mpenghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang yang menjaga kelestarian lingkungan.
3.5  Memahami konsep listrik dinamis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf, dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik.
4.5    Melakukan percobaan untuk menyelidiki muatan listrik dinamis dan interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan.

C.  INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.        Menunjukkan konsep arus listrik dan beda potensial
2.      Mengukur dan menggambarkan hubungan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk gambar dan grafik
3.        Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm)
4.        Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun gabungan
5.     Menemukan perbedaan hambatan jenis bahan konduktor dan isolator dengan menggunakan hukum Kirchoff

D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.        Peserta didik dapat mengetahui dan memberikan contoh konsep arus listrik dan beda potensial.
2.      Peserta didik dapat menggambarkan hubungan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk gambar dan grafik.
3.      Peserta didik dapat menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm).
4.        Peserta didik mampu membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun gabungan.
5.        Peserta didik dapat mengetahui perbedaan hambatan jenis bahan konduktor dan isolator dengan menggunakan hukum Kirchoff

E.  MATERI
1.   Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang disebabkan dari pergerakan elektron-elektron, mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu.
2.        Beda potensial listrik adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik. Beda potensial listrik merupakan ukuran beda potensial yang mampu membangkitkan medan listrik sehingga menyebabkan timbulnya arus listrik dalam sebuah konduktor listrik.

F.   PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan       : Scinentific
2.      Metode             : Diskusi dan Eksperimen
3.      Model               : Discovery Learning

G. MEDIA,ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media               : Komputer dan LCD
2.      Alat dan Bahan Praktikum
3.      Sumber Belajar :
·         Eka Purjiyanta, S.Pd,dkk. IPA Terpadu untuk SMP Kelas IX, Jakarta: Erlangga Hal.91-100
·         LKS Listrik Dinamis
·         Buku fisika yang relevan

H.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.        Mengamati
Peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan listrik dinamis.
2.        Menanya
            Diskusi tentang:
1.         Hubungan antara arus listrik dan beda potensial listrik.
2.         Penerapan hubungan antara arus listrik dan beda potensial listrik.
3.        Eksperimen/explore
1.         Percobaan tentang hubungan antara arus listrik dan beda potensial listrik, dengan menggunakan rangkaian seri.
2.         Percobaan tentang hubungan antara tegangan dan kuat arus.
3.         Penerapan hukum ohm.
4.      Asosiasi
1.         Menganalisis data untuk mendapakan konsep hubungan antara arus listrik dan beda potensial listrik.
2.         Mengamati hubungan antara arus listrik dan beda potensial listrik.
5.      Komunikasi
1.         Membuat laporan eksperimen tertulis
2.         Mempresentasikan hasil eksperimen

I.     PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.    Teknik Penilaian
Tes Tertulis
2.     Bentuk Instrumen
Uraian, test unjuk kerja
Contoh instrument :
1.       Instrumen tes uraian
Apakah hubungan antara kuat arus listrik dan beda potensial listrik ?
Kunci        :     Besarnya arus listrik yang mengalir sebanding dengan besarnya beda potensial (Tegangan). Untuk sementara tegangan dan beda potensial dianggap sama walau sebenarnya kedua secara konsep berbeda. Secara matematika di tuliskan I ∞ V atau V ∞ I,
Skor           :     1
2.       Uji Kerja Prosedur dan Produk
Lakukan kegiatan untuk mengetahui hubungan antara arus listrik dan beda potensial listrik, alat – alat :
1.    Delapan buah baterai 1,5 V
2.    Voltmeter
3.    Ampermeter
4.    Hambatan 10 ohm
5.    Kabel penghubung

Rubrik Penilaian
No
Aspek
Skor
1.
2.
3.
4.
Menggunakan  alat dengan benar
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
Memperoleh data dari pecahan
Membuat kesimpulan dengan benar
2
4
2
2

Jumlah Skor
10


LEMBAR PERCOBAAN

Tujuan                         : Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial listrik
Alat dan Bahan           :
1.    Delapan buah baterai 1,5 V
2.    Voltmeter
3.    Ampermeter
4.    Hambatan 10 ohm
5.    Kabel penghubung
Langkah Percobaan     : 1. Rangkailah percobaan seperti gambar di bawah ini.
2. Catatlah hasil pembacaan ampermeter dan voltmeter lalu isilah tabel di bawah ini.
3.   Ulangi langkah 1 dan 2 untuk 2 baterai 3, 4, 5, 6, 7, dan 8 baterai yang disusun secara seri.
4.    Berilah kesimpulan dari hasil percobaanmu.

No
Tegangan Listrik V ( Volt )
Kuat Arus I (Ampere )

V/I
1



2



3



4



5



6



7



8




0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Rangkaian Tulisan. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates