RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
: IX
Topik : Listrik Dinamis, Hukum Ohm Dan Hukum
Kirchoff
Materi
: Arus Listrik
Dan Beda Potensial
Alokasi
Waktu : 60 Menit
A. KOMPETENSI INTI
11. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
22.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
44.Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai,
merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang
aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam
lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukanpengamatan,percobaan,
dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan.
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam menggunakan energi secara hemat dan aman serta tidak merusak lingkungan
sekitarnya.
2.4 Mpenghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang yang menjaga kelestarian
lingkungan.
3.5 Memahami konsep listrik dinamis,
muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem
syaraf, dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik.
4.5
Melakukan
percobaan untuk menyelidiki muatan listrik dinamis dan interaksinya, serta
sifat hantaran listrik bahan.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Menunjukkan konsep arus listrik dan beda
potensial
2. Mengukur dan menggambarkan hubungan arus
listrik dan beda potensial dalam bentuk gambar dan grafik
3.
Menyelidiki hubungan antara arus listrik
dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm)
4.
Membuat rangkaian komponen listrik
dengan berbagai variasi baik seri maupun gabungan
5.
Menemukan
perbedaan hambatan jenis bahan konduktor dan isolator dengan menggunakan hukum
Kirchoff
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Peserta didik dapat mengetahui dan
memberikan contoh konsep arus listrik dan beda potensial.
2. Peserta didik dapat menggambarkan hubungan
arus listrik dan beda potensial dalam bentuk gambar dan grafik.
3. Peserta didik dapat menyelidiki hubungan
antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm).
4.
Peserta didik mampu membuat rangkaian
komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun gabungan.
5.
Peserta didik dapat mengetahui perbedaan
hambatan jenis bahan konduktor dan isolator dengan menggunakan hukum Kirchoff
E. MATERI
1. Arus listrik adalah banyaknya muatan
listrik yang disebabkan
dari pergerakan elektron-elektron, mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit
listrik tiap satuan waktu.
2.
Beda potensial listrik adalah perbedaan
potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik. Beda potensial
listrik merupakan ukuran beda potensial yang mampu membangkitkan medan listrik
sehingga menyebabkan timbulnya arus listrik dalam sebuah konduktor listrik.
F.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scinentific
2. Metode : Diskusi dan Eksperimen
3. Model : Discovery Learning
G. MEDIA,ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : Komputer dan LCD
2. Alat
dan Bahan Praktikum
3. Sumber
Belajar :
·
Eka Purjiyanta, S.Pd,dkk. IPA Terpadu
untuk SMP Kelas IX, Jakarta: Erlangga Hal.91-100
·
LKS Listrik Dinamis
·
Buku fisika yang relevan
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Mengamati
Peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan
listrik dinamis.
2.
Menanya
Diskusi tentang:
1.
Hubungan antara arus listrik dan beda
potensial listrik.
2.
Penerapan hubungan antara arus listrik dan beda
potensial listrik.
3.
Eksperimen/explore
1.
Percobaan
tentang hubungan antara arus listrik dan beda potensial
listrik, dengan menggunakan rangkaian seri.
2.
Percobaan
tentang hubungan antara tegangan dan kuat arus.
3.
Penerapan hukum ohm.
4.
Asosiasi
1.
Menganalisis
data untuk mendapakan konsep hubungan antara arus listrik dan
beda potensial listrik.
2.
Mengamati
hubungan
antara arus listrik dan beda potensial listrik.
5.
Komunikasi
1.
Membuat
laporan eksperimen tertulis
2.
Mempresentasikan
hasil eksperimen
I.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1.
Teknik Penilaian
Tes Tertulis
2.
Bentuk
Instrumen
Uraian, test unjuk kerja
Contoh instrument :
1.
Instrumen
tes uraian
Apakah hubungan
antara kuat arus listrik dan beda potensial listrik ?
Kunci : Besarnya
arus listrik yang mengalir sebanding dengan besarnya beda potensial (Tegangan).
Untuk sementara tegangan dan beda potensial dianggap sama walau sebenarnya
kedua secara konsep berbeda. Secara matematika di tuliskan I ∞ V atau V ∞ I,
Skor : 1
2.
Uji Kerja
Prosedur dan Produk
Lakukan kegiatan untuk mengetahui hubungan
antara arus listrik dan beda potensial listrik, alat – alat :
1.
Delapan buah baterai 1,5 V
2.
Voltmeter
3.
Ampermeter
4.
Hambatan 10 ohm
5.
Kabel penghubung
Rubrik Penilaian
No
|
Aspek
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
|
Menggunakan
alat dengan benar
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
Memperoleh data dari pecahan
Membuat kesimpulan dengan benar
|
2
4
2
2
|
Jumlah
Skor
|
10
|
LEMBAR
PERCOBAAN
Tujuan :
Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial listrik
Alat dan Bahan :
1.
Delapan buah baterai 1,5 V
2.
Voltmeter
3.
Ampermeter
4.
Hambatan 10 ohm
5.
Kabel penghubung
Langkah
Percobaan : 1. Rangkailah percobaan
seperti gambar di bawah ini.
2.
Catatlah hasil pembacaan ampermeter dan voltmeter lalu isilah tabel di bawah
ini.
3. Ulangi langkah 1 dan 2 untuk 2 baterai
3, 4, 5, 6, 7, dan 8 baterai yang disusun secara seri.
4.
Berilah kesimpulan dari hasil
percobaanmu.
No
|
Tegangan
Listrik V ( Volt )
|
Kuat Arus I
(Ampere )
|
V/I
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
7
|
|||
8
|
0 komentar:
Posting Komentar